Beberapa kali sempat menerima komplain dari seseorang yang mengaku pernah memiliki domain yang saya dapatkan, baik yang diperoleh lewat jasa backorder ataupun yang diregister langsung (hand reg). Ternyata, hal ini juga dialami domainer lain, pemilik domain lama berniat mengambil kembali domain yang pernah diregister, bahkan dalam beberapa kasus merasa domain tersebut dicuri dari dia dan menginginkan domain tersebut secara cuma-cuma.

Padahal ketika sebuah domain dihapus dari registry, setiap orang berhak untuk me-register kembali domain tersebut, sehingga tidak masuk akal kalau pemilik lama domain berniat mengambil kembali domain tersebut secara cuma-cuma. Berikut ini akan saya jelaskan perhitungan masa registrasi domain, mulai dari masa domain tersebut diregister sampai kembali dihapus dari registry. Domain Tersedia
Pada saat ini, domain tersedia dan bisa diregister oleh siapapun.

Registrasi Domain
Domain dapat diregister selama minimal 1 tahun, dan paling lama 10 tahun. Tapi dalam beberapa kasus, registrar memperbolehkan untuk me-register domain dalam hitungan bulan. Pada masa ini domain dapat digunakan sebagai website, email, ftp, dan lain-lain. Domain juga dapat berpindah tangan atau ditransfer ke pemilik lain.

Expired
Tanggal expired domain

Grace Period
Pada periode ini, domain masih aktif dan layanan yang berhubungan dengan domain ini masih bisa digunakan. Lamanya bisa bervariasi antara 0-45 hari. Domain masih bisa diperpanjang oleh pemilik domain dengan harga normal.

Redemption Period
Pada periode ini, domain sudah tidak aktif, dan layanan yang berhubungan dengan domain ini juga sudah tidak aktif, seperti website, email, ftp, dan lain-lain. Lamanya 30 hari, dan selama periode ini domain masih bisa diperpanjang/renewal tapi biasanya harganya lebih besar dibanding harga normal, biasanya USD 80.

Pending Delete
Pada periode selama 5 hari ini, domain sudah tidak bisa diperpanjang kembali oleh si pemilik domain, dan hanya menunggu untuk dihapus dari registry.

Domain Dihapus
Domain dihapus dari registry, dan bisa diregister kembali oleh siapapun. Pada periode inilah jasa backorder biasanya digunakan untuk mendapatkan domain incaran, terutama bila domain tersebut banyak yang menginginkan, sehingga siapa yang paling cepat dapat meregister domain ini.

Perhitungan periode registrasi domain dapat bervariasi, berbeda-beda untuk masing-masing ekstensi, .COM, .ORG, .NET, .CO.ID, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation