Dalam beberapa minggu terakhir ini, ada 2 transaksi jual beli domain dengan nominal yang fantastis. Domain KK.com terjual seharga USD 2,4juta dan domain eBet.com terjual seharga USD 1,35juta. Seperti yang tercantum dalam laporan penjualan nama domain disitus dnjournal.com dan goldnames.com.

Bagaimana dengan penjualan domain lokal atau domain dengan kata kunci bahasa Indonesia? Ya, diawal bulan November 2013, ada beberapa nama domain Indonesia yang terjual di marketplace domain. MataMata.com terjual seharga USD 5,149, atau setara lebih dari Rp.56 Juta. Domain ini dibeli seseorang yang beralamat di Jakarta Selatan, dan saat ini domain masih belum diaktifkan, kita tunggu saja pengembangan apa yang akan dilakukan terhadap domain ini.
Wibawa.com, terjual seharga USD 2,999, atau setara lebih dari Rp. 32juta. Dari data whois memperlihatkan bahwa domain ini dimiliki seorang warga negara China. Ngerayu.com, terjual seharga USD 2,000, atau setara lebih dari Rp. 22 Juta. Pemilik domain ini beralamat di California, US. Sementara domain Jajan.com, terjual seharga USD 1,100, atau setara lebih dari Rp. 12 juta. Domain ini masih belum dikembangkan, dan dimiliki seorang yang beralamat di Jakarta Selatan.

Pada beberapa kasus, domain berbahasa Indonesia sering kali dibeli oleh perusahaan atau perseorangan yang berasal dari luar negeri. Bisa jadi karena domain tersebut memiliki arti yang berbeda dalam bahasa negara lain, atau juga dibeli oleh investor domain yang kemudian akan dijual kembali kepada pembeli yang mampu membayar lebih mahal.

Tapi bagaimanapun, pasar domain Indonesia semakin bergeliat dengan melihat semakin banyaknya perusahaan Indonesia ataupun perseorangan yang berani membeli domain dengan harga yang mahal, seperti Cantik.com yang terjual dengan harga USD 15,000 dan IndoTogel.com yang terjual seharga USD 33,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation