Mungkin anda pernah dengar atau membaca istilah SEO (Search Engine Optimization), ini adalah proses atau teknik yang digunakan untuk meningkatkan rangking sebuah situs dalam hasil pencarian menggunakan internet search engine, seperti Google atau Yahoo. Semakin bagus SEO yang digunakan, maka semakin besar kemungkinan situs tersebut muncul dihalaman pertama mesin pencari, atau bahkan muncul di urutan pertama.

Semakin tinggi rangking ini, akan berbanding lurus dengan jumlah pengunjung yang akan mengunjungi sebuah website. Tentunya sebuah bisnis online tidak akan berjalan sukses tanpa adanya jumlah pengunjung yang memadai.
Domain adalah bagian terpenting dari SEO, situs dengan nama domain generik akan dirangking jauh lebih baik dibanding dengan domain non-generik. Domain generik bisa diartikan sebagai domain yang terdiri dari kata atau frasa yang terdapat dalam kamus dan umum disebutkan dalam percakapan sehari hari, misalnya Pakaian Muslim, Busana Muslim, Rental Komputer, contoh non generik seperti “Mesinpedia”, “Rumah Cantik”, atau domain merek. Domain generik dengan SEO sederhana dapat mengalahkan domain non-generik yang dilengkapi dengan SEO yang lebih lengkap.
Domain generik yang paling bagus adalah domain yang mengandung kata / frasa yang memiliki volume pencarian yang besar. Volume pencarian itu maksudnya adalah jumlah pencarian kata / frasa tersebut oleh pengguna internet yang menggunakan mesin pencari / search engine. Misalnya kata kunci “Pakaian Muslim” mempunyai volume pencarian sebanyak 110.000 kali setiap bulannya (hasil ini bisa dicari lewat link ini “http://adwords.google.com/select/keywordtoolexternal”). Semakin banyak volume pencarian ini, maka semakin besar kemungkinan situs tersebut dikunjungi oleh pengguna internet yang mencari kata kunci ini lewat search engine. Inilah mengapa sebuah domain bisa dihargai sangat mahal.
Saat ini domain dan situs adalah solusi promosi paling murah dibanding dengan berpromosi pada media TV, Radio atau media cetak. Domain hanya butuh investasi 1X didepan, dan minim biaya perawatan tahunan dan bertahan selamanya, bandingkan dengan media promosi lainnya yang dibayar untuk setiap kali ditayangkan, dan hanya bersifat sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation