Salah satu bagian yang paling menarik – minimal buat saya – dalam bisnis jual beli domain adalah mencari End User dan menawarkan domain kepada mereka. End User dalam hal ini adalah orang atau perusahaan yang akan menggunakan atau mendevelop domain menjadi website. Proses ini melibatkan kemampuan untuk mencari calon end user, menemukan orang yang bisa memutuskan untuk membeli domain, atau mencari alamat email dari perusahaan yang sesuai dengan domain yang kita tawarkan.Proses ini bisa menjadi proses yang sangat melelahkan, butuh banyak waktu dan energi tentunya. Belum lagi butuh kesabaran untuk mengirim email satu persatu – tidak boleh kirim email bulk, itu sama saja dengan spammer – dan sabar menunggu jawaban, bahkan harus siap menerima balasan email yang berisi makian. Berikut ini beberapa situs yang saya gunakan untuk mencari end user. Google.Com Referensi paling awal biasanya menggunakan mesin pencari google, cukup ketikkan kata kunci atau keyword dari domain, maka akan muncul beberapa website yang berhubungan dengan kata kunci yang dicari, buka satu persatu, dan cek apakah website atau perusahaan pemiliknya cocok untuk menggunakan domain ini, apakah domain kita lebih bagus kualitasnya, perhatikan juga apakah website atau perusahaan tersebut kira-kira akan bersedia membayar sejumlah uang untuk membeli domain ini. Hati-hati dalam memilih pemilik website yang akan ditawarkan domain, banyak website yang didevelop seadanya, atau dijadikan minisite, atau perusahaan yang websitenya sudah tidak update, menawarkan domain kepada mereka hanya akan membuang-buang waktu. Tentunya website yang digunakan untuk kepentingan komersil lebih besar kemungkinannya untuk tertarik membeli domain, dibanding website pribadi atau website non-profit.

KeywordSpy.Com Situs ini digunakan untuk mencari website yang memasang iklan berbayar di google, dan hasil pencarian menggunakan situs ini akan memperlihatkan volume pencarian untuk kata kunci yang dicari, dan harga PPC (pay per click) untuk kata kunci tersebut.Tapi sayangnya layanan ini belum bisa untuk mencari end user dalam negeri. Masukkan kata kunci pada kolom pencarian, dan akan diperlihatkan website atau iklan-iklan yang pernah ada. Asumsinya, website yang bersedia membayar iklan lewat PPC tentunya akan bersedia juga untuk membeli domain yang sesuai dengan keyword yang dia gunakan untuk iklan PPC. Misalnya sebuah website yang menjual buku, biasanya akan menggunakan kata kunci “Jual Buku” pada iklan PPC, dan tentunya akan bersedia untuk membeli domain dengan kata kunci yang sama jualbuku.com Tentunya, untuk mendapatkan fasilitas penuh, situs ini mesti berbayar.

NameDroppers.Com Ini adalah situs gratis yang jadi favorit saya. Situs ini digunakan untuk mencari semua domain yang mengandung kata kunci atau keyword yang kita inginkan. Misalnya, kita akan mencari kata kunci “rental mobil”, maka semua domain yang mengandung kata “rental” dan “mobil” akan dimunculkan di hasil pencarian menggunakan situs ini. Buka masing-masing hasil pencarian ini, dan pilih mana yang kemungkinan bisa dikirim penawaran domain, karena hasil yang ditampilkan bisa sangat banyak, dan sebagian besar bisa jadi hanya domain yang diparkir. Melelahkan pastinya harus melihat semua website dan mencari alamat email dari perusahaan tersebut. Itulah seninya bisnis jual beli domain. Kapan-kapan kita akan membahas beberapa situs lain yang bisa digunakan untuk mencari daftar calon end user.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation