Ebay akhirnya masuk ke pangsa pasar bisnis online Indonesia, dan dimulai dengan membeli 40% saham PT. MetraPlasa, perusahaan yang mengelola situs belanja online Plasa.com, dan juga merupakan anak usaha dari PT Telkom. Sepertinya Ebay yakin bahwa pangsa pasar online Indonesia punya potensi yang bagus beberapa tahun kedepan, dan pastinya harus siap bersaing dengan usaha sejenis yang sudah terlebih dahulu mengembangkan bisnis di Indonesia, seperti Rakuten, BliBli.com, Bhinneka.com, TokoBagus.com, Berniaga.Com, dan banyak lagi yang lain.
Kita tunggu pengembangan seperti apa yang akan dilakukan oleh Ebay terhadap situs ini. Salah satu kendala terbesar yang masih dihadapi oleh bisnis online Indonesia adalah sistem pembayaran online, sistem pembayaran belanja online saat ini masih menggunakan sistem tradisional, dengan cara transfer antar rekening, yang tentunya membutuhkan waktu dalam hal verifikasi dan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi yang masih rendah. Kalau Ebay mampu menawarkan sistem pembayaran terintegrasi seperti halnya kombinasi Ebay dan Paypal, dan lebih-lebih kalau terkoneksi kesemua bank di lokal di Indonesia, maka bukan tidak mungkin mereka bisa merajai pangsa pasar bisnis online Indonesia.

Untuk para domainer ataupun pengembang web, ini tentunya indikasi bagus yang menunjukkan mulai berkembangnya bisnis online Indonesia, dan pastikan anda tidak ketinggalan kereta. Bisnis online skala rumahan sudah menjamur, dan pengetahuan terhadap pentingnya kualitas domain dan manajemen SEO domain semakin meningkat, dan ini ditandai dengan sejumlah nama domain berbahasa Indonesia yang terjual dengan harga yang lumayan.

Berita selengkapnya bisa dibaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation