Sering kali mungkin kita bingung mengapa satu domain bisa dihargai ratusan juta sedangkan domain yang lain bahkan tidak ada yang mau membayar untuk harga seratus ribu. Harga domain tidak ditentukan secara acak, tapi ada garis besar yang bisa ditarik dari banyak domain yang terjual di pasar lokal dan internasional. Berikut ini beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengukur nilai atau harga sebuah domain. (dikutip dari blog aftermarket.com)

Faktor Peningkat Harga: Unik dan Brandable Apakah sebuah domain unik dan brandable (cocok untuk dijadikan merek). Domain yang unik dan brandable lebih mudah untuk diingat dan dipromosikan, hal ini dapat mendongkrak harga domain. Rumah.Com Wisata.Com Cantik.Com
Panjang Domain Biasanya domain yang lebih pendek dihargai lebih mahal, seperti halnya domain .Com dengan panjang 2, 3 atau 4 huruf semuanya telah diregister sejak tahunan yang lalu. Jual.Com Beli.Com BH.Com Digunakan dalam perbicaraan sehari hari Sewa Mobil adalah kata atau frasa yang sering digunakan bila seseorang ingin mencari mobil yang disewakan, dan frasa ini memiliki jumlah pencarian yang paling banyak ketika pengguna internet mencari jasa sewa mobil melalui mesin pencari google.

Semakin umum kata ini digunakan dalam perbicaraan sehari-hari, dan semakin banyak orang mencari kata ini lewat mesin pencari, maka akan semakin mahal harga domain ini. SewaMobil.Com JamTangan.com JualMobil.com Ekstensi Pada umumnya .Com adalah domain yang paling populer, bahkan orang yang belum mengerti banyak tentang domain pun akan menyebut dot Com. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, kita sering mendengar ngarep dot com, semoga dot com, dll. Sehingga sebuah website yang menggunakan domain bukan .com sering kehilangan calon pengunjung ke website yang menggunakan domain yang sama dan dengan ekstensi .com.

Umur, SEO, dan Jumlah Kunjungan
Semakin tua domain harganya bisa lebih mahal, meskipun kadang-kadang ini tidak terlalu berpengaruh. SEO (misalnya Pagerank) dan jumlah kunjungan yang diperoleh domain juga bisa meningkatkan harga nama domain.

Faktor Penurun Harga: Penggunaan Merek Adalah tidak bijak menggunakan domain yang sama dengan merek dagang yang sudah dimiliki oleh perusahaan lain. Hal ini dapat membawa pemilik domain berurusan dengan hukum Domain Panjang Semakin panjang domain maka akan semakin susah untuk diingat. Lagipula kita tentunya tidak berharap pengguna internet bisa mengingat alamat website kita yang panjang. CaraMengurangiBeratBadan.com

Penggunaan Angka dan Strip “-” Penggunaan strip “-” dikonotasikan sebagai negatif, tentunya tidak bagus menggunakan tanda negatif dalam usaha. Meskipun penggunaan “-” ini familiar digunakan di kawasan Eropa juga Indonesia.

Penggunaan huruf juga lebih banyak mengurangi nilai domain, selain membingungkan juga susah diingat, kecuali memang konteksnya tepat. Toko-Spr31.com Jual-Rum4h.com Masih banyak faktor-faktor yang bisa digunakan untuk mengukur nilai atau harga sebuah domain, tapi faktor-faktor diatas adalah yang paling banyak digunakan untuk menentukan nilai atau harga domain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation