Dalam dunia domaining, nama domain yang memiliki tanda strip/dash/hyphen (-) kurang disukai (mis. Rental-Komputer.com), dan harga jual akan menjadi lebih murah. Meskipun dalam beberapa kasus, ada domain yang mengandung tanda dash terjual dengan harga yang mahal juga. Nama domain dengan dash lebih disukai oleh orang Eropa, terutama Jerman, namun kurang disukai di Amerika.

Sementara di Indonesia, banyak perusahaan atau situs yang justru lebih memilih domain yang mengandung tanda dash, meskipun biasanya juga memiliki domain tanpa tanda dash. Lalu, apakah sebaiknya menggunakan menggunakan dash pada nama domain? Berikut perbandingan keuntungan dan kelemahannya.

Domain yang memiliki dash memang bagus untuk dilihat, tapi tidak untuk diingat. Penggunaan dash pada domain bisa untuk jadi pemisah antar kata dalam domain dan berperan sebagai layaknya spasi. Tapi penggunaan tanda dash juga dapat menyebabkan domain jadi susah untuk diingat, mis. rental-komputer.com, yang diingat hanya kata “rental” dan “komputer”, bukan tanda dash “-“. Meskipun penggunaan huruf kapital bisa digunakan untuk menggantikan peran tanda dash tersebut pada domain, misalnya: RentalKomputer.com, dibaca “rental komputer dot com”. Biasanya, domain yang mengandung tanda dash “-” dirangking lebih jelek pada hasil pencarian menggunakan mesin pencari online, google.com, yahoo.com, sehingga akan sangat merugikan buat bisnis anda. [Pendapat ini masih bisa didebat] Tanda dash banyak dipakai pada website yang berisi sampah dan terlibat penipuan atau spammer, biasanya menggunakan domain murahan, anda tentunya tidak mau kan kalau situs anda dianggap murahan atau situs penipuan dan spammer.

Dari sisi trafic pengunjung, anda tentunya tidak ingin kehilangan sejumlah pengunjung yang salah mengetik nama domain, misalnya orang yang ingin berkunjung ke situs Rental-Komputer.com sebagian akan mengetikkan domain RentalKomputer.com pada browser mereka.

Brand atau merek yang sesuai dengan alamat website merupakan keuntungan tersendiri, misal merek dagang anda adalah “Rental Komputer” maka alamat website sebaiknya RentalKomputer.com, akan kurang cocok kalo alamat website mengandung tanda dash (kecuali bila memang merek dagang juga menggunakan tanda dash).

Lagipula tanda dash atau strip “-” berasosiasi dengan tanda negatif, tentu saja kurang baik bila menggunakan tanda negatif pada perangkat promosi. Lagipula, ketika mempromosikan website, anda tentu ingin mengucapkan alamat website semudah dan sesimpel mungkin, sehingga lebih mudah untuk diingat. Akan lebih mudah mengucapkan “rental komputer dot com” dibanding “rental dash komputer dot com”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation